web 2.0

Google Translater

 

AlertPay

Rabu, 24 Februari 2010

Obat Panjang Umur


Seorang laki-laki mengantarkan obat yang bisa mencegah kematian (obat panjang umur) untuk Raja Chu. Ia dicegat di jalan oleh salah satu pengawal pribadi raja. Pengawal bertanya kepadanya, "Apa yang kamu bawa?" "Obat panjang umur," jawabnya, "Bila dimakan, orang tidak akan mati." Penjaga langsung menyambarnya dan menelan obat dalam satu tegukan.
Ketika raja mendengar hal ini sangat marah, dan memanggil pengawal tersebut. Ia menghadap raja dan mencoba menjelaskan: "Karena ada orang asing yang menawarkan obat panjang umur, maka saya wajib mencobanya, jika saya mati setelah meminumnya, maka itu menunjukkan bahwa obat ini dibuat untuk  meracuni Anda. Jika Yang Mulia membunuh hamba, itu menunjukkan kepada semua orang bahwa Anda gampang tertipu. Anda harus melepaskan hamba karena  reputasi Anda sebagai raja yang murah hati dan bijak. " Raja merasa bahwa kata-kata itu ada benarnya dan tidak jadi membunuhnya.
Ketika seseorang menawarkan atau mengklaim sesuatu, ia memiliki motif tertentu. Bisa jadi motif baik dan tulus, tetapi bisa juga motif buruk atau negatif. Kita harus waspada untuk meneliti motif tersebut, terutama saat dia mengklaim sesuatu yang ia ingin kita percaya. Penyelidikan sangat penting untuk mencegah kita terjebak dalam penipuan. Bentuk yang paling sederhana ialah mencoba menguji apa yang dia katakan dan mengamati hasilnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Easycounter

pr checker

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service