web 2.0

Google Translater

 

AlertPay

Rabu, 24 Februari 2010

Membayangkan Pantai Indah Membantu Cepat Tidur

Saat orang susah tidur banyak yang menyarankan untuk menghitung domba, tapi apa itu berhasil? Darimana asalnya? Beberapa cendikiawan berpikir hal itu mungkin karena sejarah sistem hitung-menghitung dirancang oleh gembala kuno Britania. Tetapi tidak ada bukti otentik yang tertulis. 

Para ilmuwan di Oxford University melakukan tes. Dalam penelitian mereka, yang diterbitkan dalam jurnal Behavior Research and Therapy, dua peneliti meneliti penderita insomnia dan membagi mereka ke dalam kelompok-kelompok. Kemudian memonitor mereka saat mencoba teknik yang berbeda untuk membuat mereka berhasil tidur di beberapa malam.

Apa yang mereka temukan adalah bahwa subjek memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk tertidur di malam saat mereka diperintahkan untuk mengalihkan perhatian mereka sendiri dengan menghitung domba atau tidak diberi petunjuk sama sekali. Tetapi ketika mereka diminta untuk membayangkan sebuah suasana santai - misalnya sebuah pantai, - mereka tertidur rata-rata 20 menit lebih cepat daripada yang mereka lakukan pada malam-malam lainnya.  Di Amerika bahkan ada pelatihan hipnosis bagi orang yang mengalami sulit tidur yang menggunakan bantuan audio tentang indahnya pantai. Menghitung domba, usulan ilmuwan, mungkin terlalu membosankan dilakukan untuk waktu yang lama, sementara gambar dari garis pantai yang menenangkan atau sungai yang tenang yang cukup mengasyikkan sebagai sarana 
berkonsentrasi. 


Dalam penelitian lain di Oxford, ilmuwan membandingkan antara orang yang cepat tidur dengan  orang yang susah tidur (insomnia) dan menemukan pikiran yang berbeda dalam pikiran mereka masing-masing sebelum tidur. Orang yang susah tidur (insomnia) memiliki lebih banyak pikiran tentang kekhawatiran, membayangkan pemandangan suram, suara-suara sekitar, hubungan intim, dan hal-hal yang telah mereka lakukan di siang hari, hal tersebut memberatkan pikiran mereka. 

Hal yang patut diingat, Jangan menghitung domba saat anda sulit tidur; tapi cobalah lepaskan segala beban, santai dan membayangkan gambar pemandangan laut indah

0 komentar:

Posting Komentar

Easycounter

pr checker

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service